Search This Blog

MEMILIH KRITERIA PENILAIAN RESIKO BERDASARKAN TINGKAT FREKUENSI TERJADINYA PADA TAHAP PELAKSANAAN KOSTRUKSI PROYEK DENGAN METODA ANALITICAL HIERARCHY PROCESS

ABSTRAK

Makalah ini akan menguraikan bagaimana Analitical Hierarchy Process dapat memodelkan resiko-resiko yang ada pada tahap pelaksanaan konstruksi proyek dengan cara memberikan bobot penilaian atas frekuensi kemunculan resiko tersebut. Pembobotan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu : Pembobotan secara langsung atau dengan menggunakan Analitical Hierarchy Process. AHP merupakan suatu sistem pembuat keputusan dengan menggunakan model matematis.
AHP membantu dalam menemukan nilai skala prioritas dari beberapa kriteria penilaian resiko pada proyek konstruksi dengan melakukan analisa perbandingan berpasangan dari masing-masing kriteria. Sistem Pengelolaan Resiko yang dimaksud dengan kriteria tersebut adalah kejadian-kejadian yang sudah diidentifikasi sebagai suatu potensi resiko yang mingkin akan terjadi.

Key words: AHP, Analisis Resiko, Proyek Konstruksi

"MEMILIH KRITERIA PENILAIAN RESIKO BERDASARKAN TINGKAT FREKUENSI TERJADINYA PADA TAHAP PELAKSANAAN KOSTRUKSI PROYEK DENGAN METODA ANALITICAL HIERARCHY PROCESS"
Blair Arimaika Sutadi, M.Agung Wibowo
Program Magister Teknik Sipil, Universitas Diponegoro Semarang
e-mail : irsad_arimaika@yahoo.com


Download
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...